Pages

Rabu, 04 Desember 2013

PENGENALAN DASAR PADA APLIKASI MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

Kontrol Pada VB 6.0


Kontrol adalah suatu komponen atau objek yang diletakkan dalam suatu form. setiap kontrol berdiri sendiri, tetapi saling berhubungan satu sama lain sehingga membentuk suatu kesatuan yang biasa kita sebut dengan “Aplikasi”.
Contoh dari kontrol pada VB adalah Rectangle, Command Button, Textbox, dll yang dapat ditempatkan pada form untuk menampilkan data, menjalankan aksi, atau membuat sebuah form lebih mudah untuk dibaca.
Pemberian nama suatu Kontrol
Ketika pertama kali membuat objek, seperti kontrol atau form, VB memasang properti Name dari objek tersebut dengan nilai default. sebagai contoh, semua kontrol command memiliki properti name Command1, Command2,dst.
Beberapa dari anda mungkin ingin tetap menggunakan nama default, akan tetapi jika anda menggunakan beberapa kontrol dengan tipe yang sama, anda dapat mengubah nama kontrol tersebut dengan nama yang lebih deskriptif. karena mungkin sulit membedakan antara fungsi Command1, Command2,dll pada form satu dengan yang lain.
Biasanya pemberian nama pada kontrol memiliki ketentuan yang unik, seperti Command disingkat menjadi cmd,dll.

 

 

 

Komponen Visual Basic 6.0

Title Bar
Merupakan batang judul dari program VB 6.0 yang terletak pada bagian paling atas jendela program yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela. Selain itu title bar juga berfungsi untuk:
1. Memindah posisi jendela dengan menggunakan proses drag and drop pada posisi title bar tersebut.
2. Mengatur ukuran jendela (maximize-minimize-close).
Title bar memiliki bagian yang terdiri dari beberapa elemen yang berfungsi untuk mengatur tampilan jendela dengan keterangan sebagai berikut: 
-Control Menu
merupakan sebuah elemen yang terletak pada bagian pojok kiri atas jendela suatu aplikasi.
-Minimize
Berfungsi untuk meminimalkan ukuran jendela suatu aplikasi sehingga tampilannyapun akan berubah menjadi ikon yang diletakkan pada bagian taskbar.
-Maximize
Berfungsi untuk memaksimalkan ukuran jendela pada aplikasi tertentu hingga memenuhi layar monitor.
-Restore
Berfungsi untuk mengatur ukuran jendela suatu aplikasi ke ukuran relatif.
-Close
Berfungsi untuk menutup jendela atau keluar dari program/aplikasi.
Menu Bar
Merupakan batang menu yang terletak dibagian bawah title bar. Berfungsi untuk menampilkan perintah untuk mengoperasikan suatu program tertentu.
Toolbar
Merupakan batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak dibagian bawah menu bar yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Pada suatu kondisi default program, VB hanya menampilkan toolbar standard.
Toolbox
Merupakan kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau kontrol untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan dibuat.


1 komentar:

  1. Gan...Control apa yang digunakan untuk menampilkan "tanggal, bulan, tahun" pada VB 6.0 seperti halnya pada Access dan VBA Excel Macro? Control ini pernah saya cari tapi tidak ketemu. kalau di VBA Excel Macro namanya adalah "Microsoft Date and Time Picker Control". pada VB 6.0 ada gk ya?

    BalasHapus